web 2.0

Selasa, 11 Januari 2011

Business Content Development

Kali ini saya akan membahas menganai business content development, yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah pengembangan bisnis content. Langsung saja kita masuk kepada penjelasan, content adalah isi. Isi atau substansi Data dan/atau Informasi berupa input dan output dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan pada publik, mencakup semua bentuk data/informasi baik yang tersimpan dalam bentuk cetak maupun elektronik, maupun yang disimpan sebagai basis data (databases) maupun yang dikomunikasikan sebagai bentuk pesan (data messages). Artinya informasi dalam blog atau website adalah kontennya sendiri. Karena salah satu kekuatan internet terletak dari informasinya. Tentunya orang-orang akan mencari informasi yang berguna bagi dirinya.

Secara umum, semakin banyak konten yang lebih berguna dan menarik maka semakin besar kesempatan untuk lebih sukses bagi blog atau website tersebut. Ini karena para pembacanya akan mengunjungi dan mengunjungi kembali. Khususnya jika blog atau website tersebut menambahkan konten yang lebih banyak seperti artikel, tutorial, berita, opini dan apa saja bentuknya secara konstan. Sehingga para pembacanya selalu mengetahui kapan informasi yang mereka butuhkan diterbitkan oleh blog tersebut.

Satu aspek yang mungkin perlu anda perhatikan juga adalah promosi, baik itu promosi tulisan anda di berbagai media sosial seperti Twitter, Digg, StumbleUpon dan semacamnya maupun promosi blog anda sendiri dengan melakukan blogwalking dan komentar yang membangun pada blog-blog orang lain. Inilah yang nantinya akan membangun audience ataupun komunitas bagi blog anda. Semakin banyak anda membangun audience dan komunitas maka semakin banyak pembaca dan keuntungan yang anda peroleh.

Jadi, ketika anda sudah memulai blog anda maka pikirkanlah bagaimana membuat konten yang baik dan menarik bagi pembaca anda. Karena blog tanpa konten yang baik dan menarik lambat laun akan kehilangan para pembacanya.

Senin, 03 Januari 2011

Social Network Business

Sosial network business adalah berbisnis dalam jaringan sosial, seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, bukan hal yang tidak mungkin jika produk ditawarkan dalam jaringan sosial. Jika ingin memasarkan suatu produk maka kita harus memilih tempat yang banyak dikunjungi orang agar produk kita dapat dilihat. Untuk di dunia nyata mungkin tempat tersebut adalah pasar, dimana terdapat banyak orang melakukan kegiatan jual beli. jika kita membahas jaringan sosial network business, dan ingin memasarkan suatu produk maka kita dapat mencari tempat yang banyak dikunjungi orang-orang di internet. 

Beberapa jaringan sosial diantaranya facebook, twiter, myspace dan masih banyak lagi. Disini saya mengambil contoh pada facebook, facebook banyak dikunjungi masyarakat sebagai jaringan sosial, selain sebagai jaringan sosial facebook juga dapat kita gunakan sebagai media bisnis dengan memasarkan/menawarkan produk yang kita miliki. Didalam facebook kita dapat membuat grup, dengan adanya grup kita dengan mudah memasarkan produk yang kita miliki. Didalam grup tersebut kita dapat memasukan foto produk yang kita miliki, dan berbagai macam kelebihan produk kita. Jika ada grup yang kita minati maka kita dapat bergabung dan akan mendapatkan info produk-produk terbaru.  Beberapa grup yang ada di facebook diantaranya :

Didalam facebook juga terdapat berbagai iklan yang menawarkan berbagai macam produk, jika kita tertarik dengan produk tersebut maka kita klik pada ikalan tersebut. dibawah ini beberapa iklan yang ada di facebook.