web 2.0

Senin, 15 November 2010

CIM (Corporate Information Management)

Corporate Information Management (CIM), dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai informasi manajemen perusahaan. Untuk itu, kita perlu tahu arti dari informasi, manajeman, dan perusahaan. oke, kita bahas satu persatu. Informasi adalah data yang telah di proses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Menurut Haiman, manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan. Perusahaan adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan. jadi dapat disimpulkan bahwa informasi manajemen perusahaan adalah suatu data yang memiliki nilai untuk mencapai tujuan dan memperoleh keuntungan.

Pada penulisan sebelumnya mengenai E-bussines dan E-commerce, dalam informasi manajemen perusahaan akan dibahas mengenai ERP (Enterprise Resource Planning), dan CRM (Customer Relationship Management) yang keduanya merupakan bagian dari E-business.Langsung saja kita bahas mengenai ERP dan CRM. 

ERP
    ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
    ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan. Syarat terpenting dari sistem ERP adalah Integrasi Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.
    Database yang ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam perusahaan untuk menyimpan dan mengambil informasi secara real-time. Informasi tersebut harus dapat dipercaya, dapat diakses dan mudah disebarluaskan. Rancangan perangkat lunak modular harus berarti bahwa sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.

CRM
    CRM adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang sifatnya professional sehingga dapat memberikan kepuasaan yang tinggi pada pelanggannya.
    Sistem CRM berusaha menyediakan sebuah pendekatan terintegrasi terhadap semua aspek dalam perusahaan dalam kaitannya dengan pelanggannya, yang meliputi marketing, sales dan support. Tujuan system CRM yaitu dengan penggunaan tekhnologi diharapkan terjadi jalinan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya. Dengan kata lain, perusahaan berusaha mengelola kinerja perusahaannya dengan lebih baik.
  
Referensi :
M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia Jakarta, 1983.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan#Modul_ERP
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_hubungan_pelanggan

0 komentar:

Posting Komentar