PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER
Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.
ISTILAH DALAM GRAFIK KOMPUTER
Tend : cenderung, merawat, memelihara
Achieving : mencapai, menyelesaikan dengan baik
Approaching : tibanya, mendekati, menghampiri, datangnya, pendekatan, jalan ke, menjelang
Emphasis : perhatian, tekanan
Geometry : Bentuk-bentuk model sederhana seperti lingkaran, persegi, garis,
segitiga.
Photorealism : Gaya / aliran menggambar yang didasari pembuatan sebuah gambar dari sebuah gambar foto.
Scatter : Menyebar atau menghamburkan
Shatter : Memecahkan atau menghancurkan
Fluctuations : Turun naik atau fluktuasi
Anomalies : Keanehan, penyimpangan dari biasa
Degradation : Penurunan. Salah satunya bisa diartikan penurunan kinerja
(performance).
Texture : Susunan, tekstur
Gradient : Kemiringan atau penurunan warna
Silhouettes : Bayangan hitam
Polygon : Segi banyak
Diffuse : Menghamburkan atau menyebarkan
Tracing : Gambaran tiruan diatas kertas tipis.
Struck : Penemuan
Recursively : Berulang - ulang
Refracted : Membelokan atau membiaskan
Illumination : Penerangan cahaya
Equation : Persamaan atau penyamaan
Occlusion : Keadaan macet
Overlapping : Saling melengkapi bersamaan dengan waktu
Latency : Tidak terlihat, tersembunyi
Raising : Meninggikan
Blending : Mencampur, mengkombinasikan
TEKNIK-TEKNIK DALAM REALISME GRAFIK KOMPUTER
1. Texture-maps: memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail.
2. Environment-maps: memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.
3. Bumps-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah.
4. Normal-maps: dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’ teknin ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map.
5. Shadow-maps: membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.
Sumber :
· grafik computer dan pengolahan citra.
· Istilah dalam grafik computer
· www.dedotz.ngeblogs.com
0 komentar:
Posting Komentar