web 2.0

Rabu, 24 Februari 2010

GRAFIK KOMPUTER

PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.

ISTILAH DALAM GRAFIK KOMPUTER

Tend : cenderung, merawat, memelihara

Achieving : mencapai, menyelesaikan dengan baik

Approaching : tibanya, mendekati, menghampiri, datangnya, pendekatan, jalan ke, menjelang

Emphasis : perhatian, tekanan

Geometry : Bentuk-bentuk model sederhana seperti lingkaran, persegi, garis,

segitiga.

Photorealism : Gaya / aliran menggambar yang didasari pembuatan sebuah gambar dari sebuah gambar foto.

Scatter : Menyebar atau menghamburkan

Shatter : Memecahkan atau menghancurkan

Fluctuations : Turun naik atau fluktuasi

Anomalies : Keanehan, penyimpangan dari biasa

Degradation : Penurunan. Salah satunya bisa diartikan penurunan kinerja

(performance).

Texture : Susunan, tekstur

Gradient : Kemiringan atau penurunan warna

Silhouettes : Bayangan hitam

Polygon : Segi banyak

Diffuse : Menghamburkan atau menyebarkan

Tracing : Gambaran tiruan diatas kertas tipis.

Struck : Penemuan

Recursively : Berulang - ulang

Refracted : Membelokan atau membiaskan

Illumination : Penerangan cahaya

Equation : Persamaan atau penyamaan

Occlusion : Keadaan macet

Overlapping : Saling melengkapi bersamaan dengan waktu

Latency : Tidak terlihat, tersembunyi

Raising : Meninggikan

Blending : Mencampur, mengkombinasikan

TEKNIK-TEKNIK DALAM REALISME GRAFIK KOMPUTER

1. Texture-maps: memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail.

2. Environment-maps: memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.

3. Bumps-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah.

4. Normal-maps: dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’ teknin ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map.

5. Shadow-maps: membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.

Sumber :

· grafik computer dan pengolahan citra.

· Istilah dalam grafik computer

· www.dedotz.ngeblogs.com

0 komentar:

Posting Komentar