web 2.0

Selasa, 23 Februari 2010

PENGENALAN GAME (BAGIAN II)

GAME TEKNOLOGI

Pada bahasan sebelumya segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Sekarang saya akan membahas pengertian game teknologi. Game teknologi adalah game yang terus berkembang dari waktu kewaktu, sehingga banyak sekali perubahan yang terjadi pada game yang sebelumya. Misalnya berdasarkan grafis dahulu banyak game yang mengadopsi teknolgi 2 dimensi yang tidak membebani system, Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D. Begitu pula dengan game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

TAHAP-TAHAP PEMBUATAN GAME

Sekarang saya ingin memberikan trik tahap pembuatan game yang biasa dilakukan oleh para game programer, berikut tahap-tahapnya :

1. Tentukan genre game

Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.

2. Tentukan Tools yang ingin di gunakaan

Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.

3. Tentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda.

4. Tentukan grafis yang ingin digunakaan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan.

5. Tentukan suara yang ingin digunakaan

Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game.

6. Lakukanperencanaan waktu

Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan.

7. Proses pembuataan

Terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

8. Lakukan publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game.

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT GAME

· 3D RPG BUILDER.

Software ini masih dalam tahap pengembangan, bisa dipakai untuk membuat game dengan RPG, mudah dalam penggunaannya dan jika Anda ingin membuat game RPG dengan laebih baik lagi maka bisa menggunakan LUA programming.

· Game Maker.

Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi Anda yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), saat penginstlalan selesai Anda juga sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang Anda kenal yaitu game "1945".

· RPG Maker.

Mmmmmm kalau software game maker bertipe RPG yang sangat mudah digunakan dalam pembuatan gamenya dan hasil game yang memuaskan maka inilah pilihan Anda. Hasil game lebih mirip dengan game rpg yang ada di Playstation. Anda tidak bisa membuat karakter untuk game yang akan Anda buat tetapi tersedia ratusan karakter yang bisa dipakai, dan ratusan jurus yang bisa Anda gunakan

Agar RPG Maker yang Anda pakai bisa bersifat Full Version maka Anda dapat mengunjungi situs: http://www.evancode.com/

· FPS Creator.

Pengen buat game seperti Counter Strike? dah gampang deh kokoknya download aja dulu software ini, tool yang digunakan sangat mudah dan tidak perlu pemograman dalam pembuatan gamenya dan bahkan bisa dijadikan game online, percis seperti Counter Strike, tetapi jika Anda memakai Demo Versionnya terdapat banyak kelemahan, antara lain: Tidak bisa mengimpor model 3d buatan Anda, hanya bisa memasukan 25 items dalam satu project, tidak bisa memasukan video untuk bagian story, tidak bisa multi level dan yang paling menyedihkan tidak bisa dipublish menjadi game exe.

PROVESI DALAM PEMBUATAN GAME

Bagian ini bertugas melakukan scripting, yaitu memberikan skrip yang membuat semua komponen yang ada didalam frame game bisa bergerak, seperti ketika membuat game tembak menembak maka bagian programerlah yang membuat object bidikan bisa bergerak mengikuti gerakan mouse.

Bagian Programer:

Personil yang mengisi bagian ini haruslah seorang programer software yang dipakai oleh studio gamenya dalam membuat game, contoh jika studio game Anda menggunakan Macromedia Flash untuk membuat game maka personil yang mengambil bagian programer haruslah seorang programer Flash Action Script. Bagian ini bertugas melakukan scripting, yaitu memberikan skrip yang membuat semua komponen yang ada didalam frame game bisa bergerak, seperti ketika membuat game tembak menembak maka bagian programerlah yang membuat object bidikan bisa bergerak mengikuti gerakan mouse.Cukup diisi hingga lima provesi

Bagian Model Maker:

Provesi yang mengambil bagian ini bertugas membuat berbagai model yang akan dipakai didalam permainan seperti model karakter, bangunan, senjata, ledakan dll. Biasanya cukup diisi oleh satu hingga tiga provesi saja, tetapi untuk mempercepat penyelesaian game lebih baik diisi oleh lebih dari tiga provesi

Software yang biasanya dibutuhkan dalam bagian ini:Photoshop, Photoscape, Macromedia.

Bagian Sound:

Provesi yang mengambil bagian ini bertugas membuat suara yang akan dipakai didalam permainan, seperti membuat suara tembakan, suara gameplay, suara ledakan dan suara-suara lainnya yang dibutuhkan. Cukup diisi hingga tiga provesi

Software yang biasanya dibutuhkan: Acoustica Beatcraft, MODPlug Tracker, Cakewalk.

Bagian Concept:

Provesi yang mengambil bagian ini bertugas untuk memikirkan dan membuat tentang gameplay, bagaimana game kita berjalan, story line game kita, bagaimana game kita menjadi menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya hanya diisi oleh satu provesi yang khusus dalam bidang konsep gameplay, tetapi semua provesi yang tergabung dalam studio harus ikut ambil bagian ini walau bukan bidangnya, harus dilakukan rapat dulu tentang game yang ditentukan oleh orang yang khusus mengambil bagian concept. Hal ini sangat diperlukan karena game yang akan dibuat harus bisa ditangani oleh semua bagian dan harus sesuai dengan kemampuan personil yang mengambil bagiannya. Contoh: Studio game Anda akan membuat sebuah game yang bercerita tentang balapan, tetapi personil yang mengambil bagian programer tidak bisa melakukan scripting untuk membuat object mobil jagoan bisa berbelok dengan mulus, begitu juga dengan bagian sound tidak bisa membuat suara mesin mobil dan berarti game tentang balapan itu tidak bisa dibuat, maka lakukanlah rapat terlebih dahulu tentang game yang akan dibuat, tidak boleh seenaknya bagian concept

Bagian test:

Personil yang mengisi bagian ini memeriksa game yang telah dibuat apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, cukup satu personil saja yang mengisi bagian ini

Bagian coordinator:

Personil yang mengisi bagian ini bertugas untuk mengatur jalannya proyek, perencanaan waktu publish, penerimaan proyek, dan lain-lain

Sumber : http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html

1 komentar:

Herry Pebbi Andra mengatakan...

Terima Kasih untuk artikelnya

Posting Komentar